MAGANG  

(part one “ Ketegangan Hari Pertama “)

 

  Senin,10 Januari 2022 mungkin adalah hari yang cukup membuat gue deg-degan. ya ini adalah hari pertama kalinya dalam hidup gue melakukan magang, jujurly campur aduk pada awalnya. oke sebelum lanjut gue bakal bawa mundur dulu latarnya ceritanya ke malam harinya sebelum esoknya gue magang.

Minggu, 9 Januari 2022 sekitar pukul 10.00 pm , saat itu gue udah mulai rebahan di kasur persiapan buat tidur karena besok kudu ke kantor juga (sebelumnya tempat magang disini bakal gue ganti penyebutannya sebagai "Kantor" untuk seterusnya). jujurly saat rebahan gitu gue berusaha buat mejemin mata biar cepet tidur, handphone pun gue jauhin dari posisi tidur gue, ya gue taruh tu handphone diatas meja belajar kamar gue (fyi, meja sama kasur gue rada jauhan karena beda sudut) dan profile dari tu handphone gue ubah ke mode Do Not Disturb. disitu gue udah berusaha mejemin mata tapi gatau kenapa otak gue kek menolak diajak istirahat, otak gue terus-terusan kek mikirin " eh besok magang cuy hari pertama, ngapain aja yak. bisa kaga gue ngikutin alur orang kerja di kantor " ya kurang lebihnya begitu. hal ini mungkin kalo kata anak jaman sekarang biasa di sebut sebagai overthinking .dan ya seriusan itu terus menerus mengganggu gue malam itu sampe-sampe gue baru bisa tidur sekitar pukul 00.00 .  

Keesokan paginya, yap gue bangun seperti biasa pukul 04.30 am , sholat subuh, beresin kamar, sekaligus siap-siapin barang yang kudu dibawa seperti binder + ballpoint buat nyatet, laptop buat ngisi laporan, dan beberapa dokumen antisipasi yang udah gue persiapkan apabila nantinya tiba-tiba diminta oleh pihak kantor tempat gue magang. dan ya selanjutnya gue melakukan beberapa kegiatan bantuin emak buat beres-beres rumah. 

Singkat cerita waktu udah nunjukin pukul 07.00 am, disitu posisi gue udah mandi, udah sarapan, udah beres pake baju pokoknya udah tinggal gas aja. yap gue berangkat ke kantor itu sekitar jam 07.15 am, fyi kantor masuk jam 8 tapi gue emang kudu berangkat jam segitu karena jarak rumah ke kantor cukup jauh xob 12-13 KM ! dan jalannya juga macet kalo pagi, jadi butuh sekitar 20-25 menit waktu perjalanan. maka dari itu gue kasih waktu sekitar 45 menit biar rada santuy juga di jalan kaga "kemrungsung" (buru-buru). setibanya di kantor yap gue masih ada waktu kurang lebih 7 menitan buat cooldown tenaga hehehe. oke next, waktu menunjukkan pukul 08.00 am, disitu gue udah pake almet dan siap-siap buat naik ke lantai 2 buat lapor ke namanya mas Ronni, mas ini jabatanya sebagai Juru Sita, sekaligus kalo ada Mahasiswa magang beliau juga yang bantu mengurusi. yap bertemu dengan mas Ronni diberi sedikit pengarahan-pengarahan terkait dengan magang di kantor ini seperti apa, tata tertibnya gimana. dan beberapa informasi terkait berapa jumlah pemagang baru yang bakal masuk hari ini. infonya bakal ada dari Atma Jaya, UIN Suka, yang juga bakal masuk hari pertama. dan ada Undip, Ugm, dan Untidar yang udah masuk beberapa minggu sebelumnya. gue dapet info dari mas Ronni bahwa pak Ketua mau ketemu dulu sama anak-anak magang yang baru masuk hari ini, dan yap ternyata yang di panggil duluan buat ketemu pak Ketua yaitu anak-anak dari UIN Suka, jujurly gue lupa berapa orang tapi kalo gasalah sekitar 5 orang masuk kedalam ruang Ketua. yap gue nunggu diluar sambil deg-degan dan definetly lama banget woy mereka di dalam ruang Ketua kurang lebih hampir sejam, selanjutnya giliran anak-anak Atma Jaya yang dipanggil masuk

singkat cerita sembari menunggu giliran buat ketemu pak Ketua, gue dipertemukanlah oleh mas Ronni dengan mentor gue. namanya pak Adhi Satrija, first impression gue ke pak Adhi ini super ramah pol, disini pak Adhi bilang ke gue, kalo nanti pas masuk ke dalam ruang pak Ketua itu bakal ditanya-tanyain terkait kuliah dan juga beberapa hal dasar terkait ilmu hukum seperti yaa " berapa jumlah buku dalam KUHP dan KUHPer, dan beberapa tektek bengek didalamnya " yap  setelah dibilangin seperti itu sama pak Adhi, degdegan gue semakin menjadi-jadi aja karena gue juga lupa-lupa ingat jadi kudu baca lagi :)). yap gue ngobrol-ngobrol bareng pak Adhi itu sekitar 30 menit an, setelah itu gue ditinggal dan disuruh persiapin materi yang udah dijelasin tadi biar kalo nanti ditanya-tanya sama pak Ketua itu bisa jawab. 

yap waktu berlalu i think was more than 60 minutes waktu itu dan anak-anak Atma Jaya belum kelar juga, (tapi ternyata setelah itu mereka keluar), jujurly gue ngelihat ekspresi wajah mereka kek lemes begitu kek abis bener-bener di cecar pertanyaan-pertanyaan sulit :)) disitu gue makin degdegan parah. Sampai akhirnya mas Ronni kembali menghampiri gue lagi dan beliau bilang “ Mas ini pak Ketua mau ada acara jadi ketemunya besok pagi ya, tetapi pelajari dasar-dasar ilmu hukum buat persiapan ditanya-tanya “ ketika mas Ronni bilang begitu rasanya kek plong gitu because actually i’m not ready for that hehehe. oke setelah itu gue ajak mas Ronni buat penempatan pertama yaitu di ruang Kepaniteraan Muda Hukum, ketika masuk gue bener-bener disambut dengan ramah oleh Pandmud Hukum ibu Yuli, dan juga beberapa staf yang ada di dalam ruang tersebut. Hari pertama di Kepaniteraan Muda Hukum gue dapat tugas buat ngitungin jumlah total perkara selama tahun 2021 yang lalu ke dalam computer, jujurly mumet karena isinya angka semua dan nginputnya manual ngga pake excel jadi bener-bener kudu super teliti.

Singkat cerita, menjelang sore hari tepatnya Pukul 02.30 pm tiba-tiba gue dikabarin mas Ronni yang intinya pak ketua mau ketemu sekarang. Sontak itu membuat kaget bukan main, dan yap jari tangan mendadak dingin dan ritme jantung mengalami peningkatan. Yap ketika gue masuk dan duduk di kursi tamu sumpret rasanya udah ga karuan, perlahan gue berusaha buat ngerileksin pikiran dan membuat mindset “Lu bisa bro, ginian doang mah gampang”. dan absolutely itu berhasil membuat gue lebih rileks, seiring berjalannya obrolan antara gue dan pak ketua, disitu kira-kira gue ngobrol sama beliau kurang lebih 30 menit, dan yap Alhamdulillahnya gue blas ga di tanya terkait dengan materi yang sudah gue persiapkan sebelumnya ehehehe, justru pak ketua bahas terkait dengan kepindahan fakultas gue yang pada awalnya misah di tengah Kota Jogja, jadi ikut gabung dengan Kampus Terpadu di Jalan Kaliurang, satu kalimat yang gue bener-bener ingat saat itu beliau bilang “ Wah gedungnya itu besar dan megah sekali, seperti gedung-gedung perguruan tinggi di Luar Negeri “. Setelah panjang lebar kami ngobrol-ngobrol akhirnya gue keluar dari ruang ketua dan kembali ke ruang Kepaniteraan Muda Hukum buat ngerjain pekerjaan-pekerjaan lain di sisa waktu yang ada sebelum jam pulang kantor.

Baiklah, mungkin itu aja yang bisa gue tulis buat pengalaman magang hari pertama ini, mungkin tulisan ini kek acak adut, tapi tolong di maklumi lama sekali gue ga nulis 😊 tapi besar harapan gue semoga kedepannya gue bisa lebih baik lagi dalam hal menulis beginian, terima kasih sudah meyempatkan waktunya buat baca tulisan gue ini …

                            

-Kato. -

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini